our similarity makes us closer

StockSnap_Q6O7XR3LP0
kapan” pengen rasanya punya mobil polisi | sumber gambar dari web stocksnap

januari 2018, ketika motor saya dicuri orang dan saya harus melapor ke polsek bogor utara, saya inget berjumpa dengan sekumpulan bapak” yang duduk dekat meja piket. salah satu dari orang tersebut, polisi yang berpakaian sipil, menyuruh mendekat ke arah dia lalu menyuruh saya untuk bersalaman dengan polisi yang juga berseragam sipil di sampingnya. “ini pak kapolsek,” katanya. saya yang masih syok karena kehilangan motor secara refleks menunduk” di depan dia sambil salaman. tanda hormat (cause he’s the boss there) sekaligus sebagai gesture meminta tolong supaya motor saya bisa ketemu.

di sisi lain, salah satu teman ngaji saya rupanya seorang pengajar di sekolah polisi di megamendung. di salah satu momen di masjid ar rohman, bantarjati, kami bertemu dan bersalaman. hangat sekali. tentunya dengan tersenyum lebar. setelah itu kami mengobrol akrab. obrolan sesama orang tua murid. kebetulan anak” kami satu tk. obrolan kami juga mengalir begitu saja. enak. seperti tidak ada sekat. padahal saya tahu betul bahwa bapak tersebut pangkatnya ajun komisaris polisi. sama seperti pangkat kapolsek bogor utara di atas…

*

di kantor saya, ada dua bos saya yang gelarnya doktor. kalo rapat, pendapatnya selalu sophisticated. bahasanya susah saya mengerti. mungkin karena ilmu saya baru d4 kali ya. hehehe. ya karena mereka bos dan pangkat mereka lebih tinggi daripada saya, tentu saja mereka berhak menyuruh saya ini itu. hormat kepada mereka secara institusional  juga wajib saya lakukan sebagai salah satu pelaksana yang berdedikasi. ceilah.

di sisi lain, salah satu tetangga saya, adalah dosen di institut pertanian bogor. istri beliau adalah kawan baik istri saya. tentu saja, beliau juga kawan baik saya. sabtu/ahad pagi, saya sering main ke rumah beliau. kebetulan istri saya mengajari 2 anaknya yang pertama dan anak beliau yang terakhir sama” satu tk dengan anak saya. wis klop lah. akrab. saya juga sering ngobrol dengan beliau. kadang saya meminta pendapat beliau dan juga sebaliknya. seperti tidak ada sekat. padahal saya tahu betul bahwa bapak tersebut seorang calon doktor dari universitas indonesia. (hampir) sama seperti gelar dua bos saya di atas…

teman sejati tidak pandang gelar, pangkat, dan usia. jika kita satu visi, semuanya terasa sama. lebur menjadi satu. inilah salah satu nikmat yang paling hakiki…

signature5be279cb59a5b

Advertisements

repentance

salah satu faedah dari taklim bersama al ustadz abdurrahman mubarak hafidzahullah tanggal 14 oktober 2018 di masjid ar rohman, bantarjati, bogor, adalah membahas tentang taubat. yah, namanya manusia sudah pasti pernah berbuat salah lah ya. dan yang namanya berbuat salah, tentu saja harus bertaubat dari perbuatan dosa tersebut.

1LSI2CKMYE
yang masih gendut tapi masih suka manis”, segeralah bertaubat | sumber gambar dari web stocksnap

syarat taubat ada 6:

  1. ikhlas
  2. di waktu yang masih memungkinkan Allah menerima taubatnya (sampai terbitnya matahari dari barat atau ketika nyawa seseorang sudah berada di kerongkongannya)
  3. menyesali perbuatannya
  4. bertekad tidak akan mengulangi dosanya
  5. berhenti dari perbuatan dosa tersebut
  6. jika berkaitan dengan hak seseorang, maka dia meminta untuk dihalalkan atau dimaafkan dari perbuatan dosa tersebut

semoga dapat mencerahkan ya….

signature5be279cb59a5b

gadgetless kids

AANIZJHM6A
masih kecil udah main gadget. besar main apa? | sumber gambar dari web stocksnap

beberapa kali blogwalking, saya mendapati bahwa kebanyakan anak” narablog itu kecanduan gadget. ada yang tantrum kalo gak dikasih lihat youtube lah, ada yang dibatasi screentimenya lah, ada juga yang kecil” udah pegang gadget

terus terang saya merasa besyukur kedua anak saya gak doyan dengan yang namanya gadget. mereka berdua itu anak “fisik”. Mereka lebih prefer main dengan adiknya/kakaknya main boneka”an, kereta”an, dan apa aja di rumah yang bisa mereka jangkau. makanya rumah saya jarang rapinya euy. adaaaaaaa aja momen di mana sudah kami rapikan, eh mereka berantakin lagi.

selain itu, tetangga” saya juga memiliki anak” yang usianya sepantaran dengan anak” kami. sering banget, pas anak” tetangga lagi main di luar, shafiyyah langsung merengek

bukkk main ya

di luar, ya main” yang saya sebutin di atas pindah ke rumah tetangga. bagus lah. memindahkan risiko ke rumah orang lain. xixixi. gak cuman itu, sering juga pas hujan, mereka juga kami ijinkan mandi hujan. habis mandi hujan sih biasanya langsung pada tepar ketiduran. xixixi

minggu lalu, kebetulan tetangga saya lagi mudik ke jawa timur. tetangga saya yang satu lagi juga sedang persiapan ngelamar sepupunya. alhasil, teman” main anak saya gak ada di tempat. shafiyyah sampe bete karena kesepian. seharian nangis dan marah” mulu ke ibunya.

hanzhalah juga gitu. kalo anak laki yang satu ini, mungkin karena dia mau punya adek ya, sekarang jadi manjanya gak ketulungan. kalo dia main, harus diliatin. kalo dia lagi ngambek, harus disayang” (as in “ohh sayangg adekk, sini sama ayah”). sudah hal yang biasa bahwa di rumah, kami sering pegang hp. kalo saya sih biasanya buat balas chat whatsapp, sedang istri saya ikutan pesantren online di whatsapp. nah, kalo kami lagi sibuk menatap layar handphone, kedua bocah langsung rewel

ibukkk kok main hp mulu sih. open (perhatiin) shofy dong

kalo hanzhalah lebih ekstrim lagi. dia ambil hp saya, lalu dia banting. karena keselnya, dia saya marahin. dia nangis. minta saya peluk. lalu dia tidur di pelukan saya sambil saya elus”. saya sadar saya salah. bocah ini cuman minta perhatian. maafin ayah ya, le….

signature5be279cb59a5b

lesson learned from pomad intersection

StockSnap_TPR4FCFHI7
pagi” posting begini, bikin laper aja | sumber gambar dari web stocksnap

nek dimundhakno mesakne (pelanggan). ngene wae wis untung og. sakjane iso wae takmundhakno, ben sugih. tapi, ngene wae wis cukup mas. nek sugih, kan durung tentu cukup. nek cukup, mesti sugih…

kalau dinaikkan (harganya) kasihan (pelanggan). begini saja sudah untung kok. sebenarnya bisa saja saya naikin, biar kaya. tetapi, begini saja sudah cukup kok, mas. kalau kaya, kan belum tentu cukup. kalau cukup, pasti kaya….

kata penjual nasi goreng langganan saya di simpang pomad, bogor utara, bogor, ketika saya tanya kenapa semua menu mulai dari nasi goreng biasa, ditambah sayur, telornya didadar, atau tambah mie, harganya tetep 11 ribu…

signature5be279cb59a5b

three gifts

sungguh minggu yang menyenangkan. gimana gak menyenangkan. saya dapat 3 hadiah minggu ini. mari kita mulai dari yang paling kiri

  1. sudah lama saya penasaran dengan produk miniso. pas dulu tokonya awal” buka di jakarta, rasa”nya beberapa teman saya update status di whatsapp kalo udah berkunjung dan belanja ke toko tersebut. dalam hati saya cuman bisa bilang, “uopooo iki? millennial hype banget”. gak disangka, pas donor darah hari selasa kemarin, saya dapat suvenir tea pot miniso. oh ternyata produk miniso ini cute banget ya. pantesan banyak orang yang suka.
  2. sudah hampir 2 bulan lebih semenjak powerbank robot saya ketinggalan di kamar hotel di banyuwangi. ya sudahlah ya. emang udah jadi rejekinya yang beresin kamar. ternyata allah subhanahu wa taala akan memberikan imbalan yang besar bagi mereka yang bersabar dan ikhlas. hari jumatnya saya ikut workshop di kantor dan dapat suvenir powerbank robot lagi. yeayyy!!
  3. salah satu kawan baik saya di bogor, inisialnya th, baru saja pulang dari riset di ceko. pas pulang” ke bogor, rupanya beliau membawakan saya magnet kulkas. alhamdulillah

menerima hadiah memang menyenangkan, tapi akan lebih menyenangkan lagi jika kita membalas perlakuan tersebut ya. yuk mari kita saling memberikan hadiah kepada orang yang kita sayang!

signature5be279cb59a5b

cloudy with a chance of rain and….missing you

harian kompas, selasa 23 oktober 2018, memberitakan bahwa suhu udara panas segera berakhir…

cuaca panas yang terasa di selatan indonesia diprediksi berakhir pada oktober 2018. sementara sejumlah wilayah yang diguyur hujan akan mencapai puncaknya pada november-desember 2018

StockSnap_RS4TH6WXVS
awan berarak. hujan siap ditumpahkan. demikian juga perasaanku padamu | sumber gambar dari web stocksnap

alhamdulillah. musim hujan segera datang. tadi malam bogor diguyur hujan. kami ingat, gerimis mulai datang sekitar pukul setengah 12 malam. menambah syahdu suasana bagi mereka yang terbangun tahajud. hawa juga terasa lebih sejuk. ac bisa sejenak dimatikan…. yah kalo gak kuat, kipas angin pun bisa dinyalakan. setidaknya bisa sedikit menghemat listrik lah ya

pagi ini, saat saya berjalan kaki dari stasiun juanda menuju kantor seperti biasa, panas terik yang biasa memayungi sekitar sebulanan ini juga sudah hilang. rupanya jakarta juga ikut diguyur hujan rintik” kemarin malam. mendung terlihat bergelayut di atas. tanda bahwa perkiraan bmkg kemungkinan besar tepat bahwa hujan akan datang menjelang november…

well, semoga hujan ini membawa berkah bagi mereka yang selama ini berada di daerah” di indonesia yang mengalami kekeringan. juga bagi mereka yang rindu nikmatnya makan indomie saat hujan menerpa…

signature5be279cb59a5b

raining at cilebut station, 19th october 2018, 06.10 p.m.

ada banyak yang bisa diceritakan saat hujan di stasiun cilebut tanggal 19 oktober 2018 pukul 06.10 sore…

1AGVMUXMYI.jpg
mungkin seperti ini tampilan hujan dari balik jendela KRL | sumber gambar dari web stocksnap

tentang mereka yang berhati” saat akan keluar dari krl karena takut basah dan kepeleset…

tentang mereka yang menanti dengan sabarnya giliran untuk shalat maghrib…

tentang bapak” yang melangkahi orang yang shalat. mungkin karena terintimidasi dengan banyaknya antrean orang shalat di belakangnya…

tentang ibu” yang berusaha memayungi anaknya…

tentang walka yang berjaga di sepanjang peron. basah. lelah. tak sabar menunggu shift mereka berakhir…

tentang mereka yang berjubel, terjebak di dalam stasiun karena gak bawa jas hujan…

tentang salah satu dari mereka di atas yang coba memfoto candid. lalu diposting di medsos dan dikasih kepsyen “rame banget di cilebut”…

tentang ojek pangkalan dan penjual jas hujan kresek yang memanggil” orang yang terjebak di dalam stasiun…

tentang orang” gak tahu diri yang duduk di sepanjang tangga. gak sadar kalau mereka menghalangi jalan….

tentang mereka yang menunggu hujan reda bersama pasangannya…

tentang mereka yang lesehan di basement stasiun. sembari makan roti maryam atau roti o hangat”…

tentang saya. saya yang lupa bawa jas hujan tapi nekat pulang. tak sabar bertemu anak”nya…

ah… semua ini tentang cinta dan keluarga…

signature5be279cb59a5b