last option

StockSnap_ED243618FA
indahnya sawah di indonesia. ironis. kekurangan tenaga tani karena banyak yang pindah ke kota | sumber gambar dari web stocksnap

nek iki gak lulus, yo macul…

kalau ini gak lulus, ya nyangkul (di sawah)….

kata salah seorang peserta usm stan tahun 2007 di malang yang duduk di sebelah saya kepada temannya. indikasi bahwa ujian stan bagi kawan tersebut merupakan opsi terakhir untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. well, 11 tahun berlalu sudah. kira” sudah jadi apa ya beliau sekarang?

signature5be279cb59a5b

Advertisements

our similarity makes us closer

StockSnap_Q6O7XR3LP0
kapan” pengen rasanya punya mobil polisi | sumber gambar dari web stocksnap

januari 2018, ketika motor saya dicuri orang dan saya harus melapor ke polsek bogor utara, saya inget berjumpa dengan sekumpulan bapak” yang duduk dekat meja piket. salah satu dari orang tersebut, polisi yang berpakaian sipil, menyuruh mendekat ke arah dia lalu menyuruh saya untuk bersalaman dengan polisi yang juga berseragam sipil di sampingnya. “ini pak kapolsek,” katanya. saya yang masih syok karena kehilangan motor secara refleks menunduk” di depan dia sambil salaman. tanda hormat (cause he’s the boss there) sekaligus sebagai gesture meminta tolong supaya motor saya bisa ketemu.

di sisi lain, salah satu teman ngaji saya rupanya seorang pengajar di sekolah polisi di megamendung. di salah satu momen di masjid ar rohman, bantarjati, kami bertemu dan bersalaman. hangat sekali. tentunya dengan tersenyum lebar. setelah itu kami mengobrol akrab. obrolan sesama orang tua murid. kebetulan anak” kami satu tk. obrolan kami juga mengalir begitu saja. enak. seperti tidak ada sekat. padahal saya tahu betul bahwa bapak tersebut pangkatnya ajun komisaris polisi. sama seperti pangkat kapolsek bogor utara di atas…

*

di kantor saya, ada dua bos saya yang gelarnya doktor. kalo rapat, pendapatnya selalu sophisticated. bahasanya susah saya mengerti. mungkin karena ilmu saya baru d4 kali ya. hehehe. ya karena mereka bos dan pangkat mereka lebih tinggi daripada saya, tentu saja mereka berhak menyuruh saya ini itu. hormat kepada mereka secara institusional  juga wajib saya lakukan sebagai salah satu pelaksana yang berdedikasi. ceilah.

di sisi lain, salah satu tetangga saya, adalah dosen di institut pertanian bogor. istri beliau adalah kawan baik istri saya. tentu saja, beliau juga kawan baik saya. sabtu/ahad pagi, saya sering main ke rumah beliau. kebetulan istri saya mengajari 2 anaknya yang pertama dan anak beliau yang terakhir sama” satu tk dengan anak saya. wis klop lah. akrab. saya juga sering ngobrol dengan beliau. kadang saya meminta pendapat beliau dan juga sebaliknya. seperti tidak ada sekat. padahal saya tahu betul bahwa bapak tersebut seorang calon doktor dari universitas indonesia. (hampir) sama seperti gelar dua bos saya di atas…

teman sejati tidak pandang gelar, pangkat, dan usia. jika kita satu visi, semuanya terasa sama. lebur menjadi satu. inilah salah satu nikmat yang paling hakiki…

signature5be279cb59a5b

three seconds

TFK0XBHMRE
tentang waktu yang tak bisa kembali. tentang jam tangan di gambar yang tak pernah terbeli | sumber gambar dari web stocksnap

pernah dengar ungkapan ini?

bila kau ingin tahu apa artinya waktu 1 tahun, tanyakan pada siswa yang tidak naik kelas. makna 1 bulan, tanyalah kepada ibu yang melahirkan premature. makna 1 minggu, tanyalah seorang editor majalah mingguan. makna 1 hari, tanyalah seorang yang bekerja dengan gaji harian. makna 1 jam, tanyalah seorang gadis yang sedang menunggu kekasihnya. makna 1 menit, tanyalah seorang yang ketinggalan kereta. bila kau ingin tahu apa artinya watu sedetik, tanyakan pada atlet lari 100 meter.

here’s my story

jam kerja di kementerian keuangan itu mungkin paling panjang di indonesia. penerapannya juga rasa”nya yang paling disiplin di antara kementerian” lain. masuk jam 07.30 dan pulang jam 17.00. jika absen masuk melebihi jam 07.30 dan absen pulang kurang dari jam 17.00, ya berarti harus siap” menanggung konsekuensi potong tunjangan…

well, sejak 2 bulan yang lalu, kebijakan tersebut dibuat lebih fleksibel. pegawai yang absen lebih dari ketentuan yang seharusnya, wajib mengkompensasi jumlah waktu tersebut di jam pulangnya. jadi misalnya saya absen masuknya jam 07.45 (lebih 15 menit), maka saya harus absen pulang 17.15 (lebih 15 menit). dan sebaliknya. jika saya absen 07.10 (kurang dari 20 menit), maka saya dapat absen pulang jam 16.40 (kurang dari 20 menit).

rabu 2 minggu yang lalu, seperti biasa, saya datang agak telat ke kantor. absenlah saya 07.38. dan seperti biasanya, saya mengkompensasi kelebihan waktu 8 menit tersebut di waktu pulangnya. 17.08. ndilalah, besoknya saya dapat info dari kepegawaian, kalau tunjangan saya dipotong 0,5% pada tanggal tersebut

lho salah saya apa ya? kan saya sudah absen sesuai ketentuan

usut punya usut, kompensasi waktu tersebut di atas rupanya juga memperhatikan DETIKnya juga. jadi, saya absen masuk 07.38.41 dan saya absen 17.08.38!!!!!!

KURANG 3 detik dan tunjangan saya melayang 0,5%!!!

sungguh pedih saudara…. semoga tidak ada saudara saya di kementerian keuangan yang bernasib seperti saya ya…

signature5be279cb59a5b

repentance

salah satu faedah dari taklim bersama al ustadz abdurrahman mubarak hafidzahullah tanggal 14 oktober 2018 di masjid ar rohman, bantarjati, bogor, adalah membahas tentang taubat. yah, namanya manusia sudah pasti pernah berbuat salah lah ya. dan yang namanya berbuat salah, tentu saja harus bertaubat dari perbuatan dosa tersebut.

1LSI2CKMYE
yang masih gendut tapi masih suka manis”, segeralah bertaubat | sumber gambar dari web stocksnap

syarat taubat ada 6:

  1. ikhlas
  2. di waktu yang masih memungkinkan Allah menerima taubatnya (sampai terbitnya matahari dari barat atau ketika nyawa seseorang sudah berada di kerongkongannya)
  3. menyesali perbuatannya
  4. bertekad tidak akan mengulangi dosanya
  5. berhenti dari perbuatan dosa tersebut
  6. jika berkaitan dengan hak seseorang, maka dia meminta untuk dihalalkan atau dimaafkan dari perbuatan dosa tersebut

semoga dapat mencerahkan ya….

signature5be279cb59a5b

gadgetless kids

AANIZJHM6A
masih kecil udah main gadget. besar main apa? | sumber gambar dari web stocksnap

beberapa kali blogwalking, saya mendapati bahwa kebanyakan anak” narablog itu kecanduan gadget. ada yang tantrum kalo gak dikasih lihat youtube lah, ada yang dibatasi screentimenya lah, ada juga yang kecil” udah pegang gadget

terus terang saya merasa besyukur kedua anak saya gak doyan dengan yang namanya gadget. mereka berdua itu anak “fisik”. Mereka lebih prefer main dengan adiknya/kakaknya main boneka”an, kereta”an, dan apa aja di rumah yang bisa mereka jangkau. makanya rumah saya jarang rapinya euy. adaaaaaaa aja momen di mana sudah kami rapikan, eh mereka berantakin lagi.

selain itu, tetangga” saya juga memiliki anak” yang usianya sepantaran dengan anak” kami. sering banget, pas anak” tetangga lagi main di luar, shafiyyah langsung merengek

bukkk main ya

di luar, ya main” yang saya sebutin di atas pindah ke rumah tetangga. bagus lah. memindahkan risiko ke rumah orang lain. xixixi. gak cuman itu, sering juga pas hujan, mereka juga kami ijinkan mandi hujan. habis mandi hujan sih biasanya langsung pada tepar ketiduran. xixixi

minggu lalu, kebetulan tetangga saya lagi mudik ke jawa timur. tetangga saya yang satu lagi juga sedang persiapan ngelamar sepupunya. alhasil, teman” main anak saya gak ada di tempat. shafiyyah sampe bete karena kesepian. seharian nangis dan marah” mulu ke ibunya.

hanzhalah juga gitu. kalo anak laki yang satu ini, mungkin karena dia mau punya adek ya, sekarang jadi manjanya gak ketulungan. kalo dia main, harus diliatin. kalo dia lagi ngambek, harus disayang” (as in “ohh sayangg adekk, sini sama ayah”). sudah hal yang biasa bahwa di rumah, kami sering pegang hp. kalo saya sih biasanya buat balas chat whatsapp, sedang istri saya ikutan pesantren online di whatsapp. nah, kalo kami lagi sibuk menatap layar handphone, kedua bocah langsung rewel

ibukkk kok main hp mulu sih. open (perhatiin) shofy dong

kalo hanzhalah lebih ekstrim lagi. dia ambil hp saya, lalu dia banting. karena keselnya, dia saya marahin. dia nangis. minta saya peluk. lalu dia tidur di pelukan saya sambil saya elus”. saya sadar saya salah. bocah ini cuman minta perhatian. maafin ayah ya, le….

signature5be279cb59a5b

lesson learned from pomad intersection

StockSnap_TPR4FCFHI7
pagi” posting begini, bikin laper aja | sumber gambar dari web stocksnap

nek dimundhakno mesakne (pelanggan). ngene wae wis untung og. sakjane iso wae takmundhakno, ben sugih. tapi, ngene wae wis cukup mas. nek sugih, kan durung tentu cukup. nek cukup, mesti sugih…

kalau dinaikkan (harganya) kasihan (pelanggan). begini saja sudah untung kok. sebenarnya bisa saja saya naikin, biar kaya. tetapi, begini saja sudah cukup kok, mas. kalau kaya, kan belum tentu cukup. kalau cukup, pasti kaya….

kata penjual nasi goreng langganan saya di simpang pomad, bogor utara, bogor, ketika saya tanya kenapa semua menu mulai dari nasi goreng biasa, ditambah sayur, telornya didadar, atau tambah mie, harganya tetep 11 ribu…

signature5be279cb59a5b